Pages

Danau Kaolin Belitung, Provinsi Bangka Belitung


Wisata Danau Kaolin Belitung, Provinsi Bangka Belitung


Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) banyak objek wisata pantai yang indah dengan bebatuan alami yang besar dan indah dengan pasir yang putih. Jangan hanya mengenal Belitung dengan pantainya yang berpasir putih dengan batuan granit. Di negeri yang cantik ini terdapat sebuah danau dengan air berwarna biru toska. 

Ternyata keindahan Bangka Belitung bukan hanya pantai saja, Di daerah Belitung mempunyai sebuah tempat wisata yang menarik dan mempunyai keindahan yang tak kalah dengan pantainya. Yaitu Danau Kaolin namanya, sekilas gambar yang ditampilkan menyerupai es di kutub tetapi itu merupakan keindahan alam Bangka Belitung atau sekilas nampak pemandanganya seperti Danau Kawah Putih yang berada di Ciwidey atau Kawah Putih Tinggi Raja. 


Destinasi Bangka Belitung, Danau Kaolin Belitung, pantai bangka belitung

 

Obyek Wisata Danau Kaolin Belitung

Danau Kaolin adalah sebuah danau yang memiliki warna daratan yang putih bersih dan air yang berwarna biru menyala. Danau ini bukan berasal dari kawah gunung seperti Danau Kawah Putih Ciwidey atau Kawah Putih Tinggi Raja, danau kaolin terbentuk dari bekas pertambangan Kaolin yang telah ditinggalkan dan alam menyempurnakan dengan indahannya. 

 Danau Kaolin Belitung, Provinsi Bangka Belitung

Bagi yang belum tahu apa itu kaolin, sedikit pengetahuan tentang Kaolin. Kaolin adalah suatu mineral sebagai bahan baku utama atau pendukung industri seperti kosmetik, kertas, keramik/porselin, cat, sabun, pasta gigi, pupuk, farmasi dan Kaolin digemari karena sifatnya yang halus, putih, kuat, halus serta daya hantarlistrik dan daya hantar panas yang rendah.



Pemandangan tempat wisata ini memang begitu mengagumkan sepanjang mata melihat. Timbunan galian seperti bukit disekitar area danau berwarna putih. Daratan bawah danau yang tertutup oleh air seperti lekukan seekor binatang yang sedang melintas, apabila air sedang surut daratan tersebut akan kelihatan seperti gula putih yang bersih. 

Ditengah danau nampak sebuah daratan yang seakan menghubungan antar ujung danau. Keadaan di Danau Kaolin ini berbeda dengan Danau Kawah Putih Ciwidey atau Danau Putih Tinggi Raja yang sarat dengan bau belerang. Danau kaolin ini tidak ada bau belerang karena danau ini tidak terbentuk dari sebuah kawah menjadikan pengunjung betah untuk berlama-lama di danau ini. 

Air Danau Kaolin tergolong aman, karena air disini tidaklah panas. Terbukti masih banyak aktifitas warga dan anak-anak yang sedang menggunakan air danau atau mandi di danau. Wisatawan yang berkunjung tidak hanya bisa menikmati pemandangan saja, tetapi juga bisa bermain ataupun berenang menikmati segarnya air Danau Kaolin. Sebagian besar warga mengatakan mandi dengan air di Danau kaolin ini kulit jadi lebih halus dan lembut.

Danau Kaolin Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Bagi yang hobi akan photography disini adalah tempat yang paling cocok untuk mencari lokasi photo. Perpaduan warna biru airnya dan dinding batu yang berwarna putih seperti salju menjadi perpaduan warna yang sangat menakjubkan. Di Danau Kaolin sering dipergunakan sebagai tempat prewed bagi pasangan muda yang akan menjalani pernikahanya. Untuk berkunjung ke danau ini akan lebih nyaman apabila waktu pagi hari ataupun sore hari, karena siang hari akan panas dan jarangnya pepohonan lebat.

Lokasi Wisata Danau Kaolin

Danau Kaolin Terletak di Desa Air Raya Tanjungpandan, Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Lokasi danau ini masih terbilang dekat dengan pusat Kota Tanjungpandan. Hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk sampai ke Danau kaolin. Disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena minimnya angkutan umum dan fasilitas penginapan juga tidak ada.